BeritaDaerahHukumNasionalPolitik

Surat Terbuka untuk Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara dan Seluruh Pemerintah Daerah Kabupaten di Sulawesi Tenggara yang Menolak Keberadaan Tenaga Kerja Asing

Bandung – jarrakposjabar.com – Setelahmencermati perkembangan di berbagai media sosia, media cetak dan media elektronik, selama kurun waktu 4 bulan terakhir tentang respon masyarakat dan sikap unsur Pemerintahan Daerah di Sulawesi Tenggara terhadap kehadiran Tenaga Kerja Asing ditengah pandemi Covid-19, maka saya menghimbau sebagai berikut :

  1. Kepada Pemerintahan di daerah, sebelum mengambil sikap, baik berupa aksi maupun reaksi maka terlebih dahulu agar memperhatikan kedudukan pimpinan Pemerintah Daerah dan segala unsurnya terhadap peraturan perundang-undangan  yang berlaku dalam tugas dan kewenangan Pemerintah Daerah agar tidak bertentangan dengan tugas pokok dan fungsi serta kewenangannya, dan tetap cermat dalam merespon situasi dan lingkungan strategis.
  2. Untuk masuknya warga negara asing keseluruh wilayah Indonesia dalam kepentingan apapun itu adalah menjadi otoritas dan domain tugas dan tanggung jawab institusi Pemerintah Pusat antara lain Kementrian Luar Negeri yang telah memberi visa, Kementrian Hukum dan HAM melalui Dirjen Imigrasi yang telah memberi paspor,  Kementrian Keuangan melalui Dirjen Bea dan Cukai dan Kementrian Perhubungan melalui Dirjen Perhubungan Udara atau Dirjen Perhubungan Laut dan ASDP.
  3. Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten di Sulawesi Tenggara hanyalah penerima kebijakan yang sudah diputuskan dan dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat sehingga tidak ada alasan untuk bertentangan dengan kebijakan pusat tersebut, meskipun ada pihak yang bertentangan atau tidak puas.
  4. Agar Pemerintah Daerah tidak terlihat mencla-mencle karena posisi yang dilematis maka seyogianya lebih mampu menyesuaikan irama dan kebijakan Pemerintah Pusat dengan tetap menjaga kepentingan daerah dan masyarakat serta diatas segalanya adalah menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan tercapainya kesejahtraan rakyat Sulawesi Tenggara.(NA)

Wartawan : Lulu Effendi

Editor : AjR

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close