Sel. Sep 29th, 2020

Jarrak POS

Bersama Membangun Bangsa

Bersiap Lebih Awal v:2.0 Back To “New Normal” School, Webminar Seri 5 Persembahan Trans Studio

3 min read

(doc. Sely R./Trans Studio)

Bandung – jarrakposjabar.com – Tahun ajaran baru akan dimulai di bulan Juli 2020, beberapa sekolah yang berada di zona hijau akan mulai pembelajaran tatap muka secara bertahap, namun banyak pertanyaan mungkin di benak para orang tua maupun praktisi pendidikan. Apakah kita memang sudah siap untuk melakukan proses belajar mengajar pasca pandemi Covid-19.

Beberapa kebiasaan tentunya harus kita rubah, hal ini akan melibatkan praktisi pendidikan, orang tua maupun siswa. Bagaimana mempersiapkan sekolah saat “New Normal” ? Bagaimana pencegahan virus Covid-19 di sekolah ? Atau apa saja yang harus dipersiapkan siswa dan orang tua saat back to “New Normal” School.

(doc. Sely R/trans studio)

Keterangan tertulis dari Sely Rosmawati, GM Sales & Marketing Trans Studio, yang diterima redaksi jarrakposjabar.com pada Minggu (21/06/2020), hal itulah yang menjadi materi pembahasan Webminar Bersiap Lebih Awal v:2.0 Back To “New Normal” School.

Acara yang juga diadakan pada Minggu (21/06/2020), merupakan persembahan dari Trans Studio bekerjasama dengan Ikatan Guru Jawa Barat dan PT. Solusi Era Meditama dan diikuti oleh ratusan peserta yang berasal dari berbagai daerah yang ada di Indonesia, bertujuan agar kita bersama-sama memperoleh pengetahuan guna mempersiapkan era New Normal.

Foto : dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk (doc. Sely R/Trans Studio)

Menghadirkan dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOk, penulis buku Pandemic Covid-19 Pencegahan Pengendalian di Tempat Kerja, sebagai nara sumber yang pertama. Beliau menyampaikan secara detail tentang penyebaran virus Covid-19 ini. Karena hal tersebut sangat bisa kita cegah, mulai dari yang paling simple mengajarkan Anak untuk selalu berkomunikasi jika merasa sakit atau kurang enak badan, dan untuk para orang tua maupun guru lebih aware untuk tidak membiarkan anak sekolah saat keadaan sedang tidak fit. Berbagai pencegahan virus Covid 19 dan meminimalisir resiko penyebaran Covid-19 ini disampaikan untuk memberikan solusi bagi semua pihak mulai dari praktisi pendidikan, orang tua maupun siswa dalam menghadapi Back to “New Normal” School tanpa rasa khawatir yang berlebihan.

Foto : Anwar Sanusi, M. Pd. (doc. Sely R./Trans Studio)

Selain itu, diperlukan juga kerjasama dari para pihak yang terkait, ketika keputusan dimulainya proses belajar mengajar sudah berjalan. Sarana pendidikan harus sudah benar-benar siap, diawali dengan masa transisi selama kurang lebih dua bulan. Mempersiapkan mulai dari pembersihan sarana pendidikan, wajib penggunaan masker, protokol kebersihan dan jaga jarak. Selain itu, merubah beberapa kebiasaan yang akan melibatkan praktisi pendidikan, orang tua dan siswa. Hal tersebut yang disampaikan oleh Bapak Anwar Sanusi, M. Pd, Ketua Umum IGI Jawa Barat, sebagai nara sumber berikutnya.

Foto : Claudia Ingkiriwang, COO Trans Studio (doc. Sely R./Trans Studio)

Untuk lebih menjawab berbagai pertanyaan di benak orang tua murid ini, webminar ini ditutup dengan nara sumber ketiga yakni Ibu Claudia Ingkiriwang, COO Trans Studio. Beliau membahas tentang New Normal Guidance for Parent and Teacher. Beliau menjelaskan bagaimana kita memerlukan sebuah checklist, mulai dari sekolah checklist (merubah beberapa kebiasaan lama menjadi kebiasaan baru, fasilitas sekolah yang harus diatur, class management dan tata cara penjemputan siswa). Selain itu adapula checklist yang harus dilakukan oleh orang tua murid (menjaga kesehatan anak dari dalam, membekali dengan cleaning kit, helping kids to help themselves, dan masih banyak yang lainnya) dan tak luput checklist untuk para pengajar (personal responsibility, bagaimana sebelum tiba di sekolah, saat di sekolah dan bagaimana berkomunikasi dengan siswa dan orang tua siswa). Webminar diharapkan bisa menjadi solusi bagaimana mempersiapkan sekolah saat “New Normal” terutama ditujukan bagi para pendidik dan juga orang tua siswa.

Disela-sela acara, Trans Studio mengadakan polling untuk peserta yang mengikuti webminar ini mengenai materi apa yang ingin diangkat sebagai bahasan webminar selanjutnya, dan mayoritas peserta polling mengharapkan diadakannya webminar yang membahas materi Parenting dan materi untuk mempersiapkan para guru melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang lebih baik. Pada kesempatan ini juga Trans Studio kembali mengadakan polling mengenai hal apa yg membuat peserta “kangen” dengan Trans Studio, dan hasilnya 40% polling “kangen” dengan program edukasi  dari Trans Studio dan selebihnya “kangen” dengan wahana, show dan semua kesenangan di Trans Studio.

(dic. Sely R./Trans Studio)

Selain sukses menyelenggarakan webminar back to school selama dua kali berturut-turut, Trans Studio pun akan mengadakan “Fun Holiday Program” sepanjang bulan Juni-Juli, yang bertujuan untuk menemani Anda untuk tetap bisa mengisi hari-hari selama anak di rumah dengan kegiatan yang bermanfaat. Tentunya program ini bisa diikuti oleh para siswa dan orang tua selama masih bersiap untuk back to “New Normal” School. Untuk update info program lainnya bisa dilihat di social media IG@transstudio.bandung atau kontak WA hotline Trans Studio Bandung di 08118118244.

Sumber : Sely Rosmawati, GM Sales & Marketing Trans Studio

Wartawan : HRS
Editor : AjR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *