BeritaDaerah

83 Kelurahan Zona Hitam Covid-19, PSBB Kota Bandung Diperpanjang

Bandung, JarrakposJabar.Com — Pemerintah Kota Bandung memutuskan memperpanjang penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) hingga 29 Mei 2020 karena wilayahnya masih menghadapi risiko tinggi penyebaran Covid-19.

“Tiga puluh kecamatan masih hitam dan ada yang merah. Artinya ini masih berat. Kelurahan juga, masih ada sekitar 83 yang hitam. Artinya kuning itu karena metropolitan, jadi ya masih rawan,” kata Wali Kota Bandung Oded M Danial di Kota Bandung, Selasa (19/5).

Kota Bandung bersama daerah lain di kawasan Bandung Raya menerapkan PSBB dari 22 April hingga 5 Mei 2020. Selanjutnya, Kota Bandung mengikuti PSBB di tingkat Provinsi Jawa Barat yang berlangsung 6 Mei sampai 20 Mei 2020.

Pemerintah Kota Bandung memutuskan memperpanjang pelaksanaan kebijakan itu hingga 29 Mei 2020 dan akan menerapkan Peraturan Wali Kota (Perwal) Bandung Nomor 21 Tahun 2020 tentang pelaksanaan PSBB selama masa perpanjangan PSBB.

“Masih semua, Perwal-nya masih Perwal yang lama, artinya tidak berubah,” kata Oded. Selama perpanjangan PSBB, ia mengatakan, pusat perbelanjaan dan tempat wisata tetap tidak diizinkan beroperasi.

Jelang idulfitri, banyak dilaporkan jika pasar-pasar di kota Bandung menjadi jauh lebih ramai meski dalam masa pemberlakukan PSBB. Maka dari itu Oded memastikan jika tim gugus tugas percepatan penanganan covid-19 kota Bandung akan terus melakukan sosialisasi dan imbauan agar warga tak berkerumun.

“Kita akan terus memberikan upaya-upaya sosialisasi kepada mereka (warga) diingatkan terus. Karena prinsipnya kita itu tidak ingin berkumpulnya itu. Jadi disinilah gugus tugas dan juga kepada semua teman-teman media semua untuk saling mengingatkan,” tegasnya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebelumnya mengatakan bahwa PSBB tingkat Jawa Barat akan dilanjutkan secara proporsional, artinya dijalankan berdasarkan kondisi penularan COVID-19 di masing-masing daerah, di tingkat kabupaten dan kota.

 

Editor: Lle

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close