Berita

Perjuangan Kuwu Patrol Baru

JarrakposJabar.Com —  Ditemui dikediamannya Abdul Kadir alias Alex Kepala Desa (kuwu) desaub Patrol Baru rela meminjam uang ke pihak 2 untuk keperluan masyarakat desanya untuk pemiliki lapangan bola, pemakaman umum dan tanah carik untuk pendapatan aparat desanya.

Saat ditemui JarrakposJabar dirumahnya Alex nama akrabnya menjelaskan dirinya melakukan hal tersebut karena adanya tukar guling tanah desa dengan proyek PLTU Patrol yang meminta tanah desa untuk kepentingan jalan proyek namun tak kunjung ada kesepakatan sedangkan desa Patrol baru ada beberapa proyek infrastruktur yang masih gantung pekerjaannya.

Akhirnya Alex memberanikan diri untuk meminjam kepihak ke 2 atau rentenir yang mematok bunga 20% walaupun besar demi kepentingan rakyatnya hal itu dia lakukan karena masyarakat pada intinya tidak mau tahu tentang hambatan yang dialami dalam pengerjaan proyek tersebut dan Alex tanpa pikir panjang memakai uang tersebut dan alhamdulillah telah selesai dibayarkan awal tahun 2019 serta tanah tukar guling yang tadinya kena 12 hektar kini menjadi 18 hektar hal ini luar biasa.

Namun, pada pemeriksaan inspektorat tahun 2018 hal itu menjadi bahan temuan apalagi ada kwatansi pinjaman ke pihak ke 2 dengan bunga 20%, kemudian pihak inspektorat melalui stafnya Slamet Riyadi memanggil kepala desa Alex untuk diminta keterangan dan kronoligi kejadiannya akhirnya disepakati agar segera diselesaikan dan alex pun menyelesaikannya.

Dalam hal ini apakah salah seorang pemimpin melakukan hal ini buat kepentingan rakyatnya? toh dalam hal ini tidak ada dana desa yg dikucurkan pemerintah pusat yabg Alex pake, toh pemimpin bangsa ini saja dalam membangun proyek insfrastruktur memakai dana pinjaman dari negara atau badan ekonomi dunia yang lainnya?

Sedangkan dana yang dikucurkan pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten alokasinya sangat sangat terbatas.

 

Penulis : Wahyu 

Editor : Lle

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: