Daerah

Pelatihan Petugas (PMKS) Indramayu

JARRAKPOS – INDRAMAYU – Bertempat di gedung PGRI Indramayu Dinas Sosial indramayu mengadakan sosialisasi pendataan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) yang di ikuti oleh 6 kecamatan yaitu Indramayu, Sindang, Pasekan, Jatibarang, kedokan Bunder, Lohbener dan perwakilan dari desa-desa yang ada pada kecamatan tersebut masing- masing desa 2 orang petugas.

Hadir dalam acara tersebut Plt Bupati Indramayu, Kepala Dinas Sosial, Kepala Bapeda, Kepala Badan Pusat Statistik Indramayu.

Dalam sambutannya Marsono (kadis Dinsos) mengatakan bahwa kegiatan ini diselenggarakan untuk mengetahui secara tepat sebenarnya berapa orang/keluarga yang benar-benar berhak menerima program sosial dan pihaknya mengundang kepala BPS agar mau membagikan ilmunya kepada kita semua jadi harapannya pada peserta agar serius mengikuti kegiatan ini.

Sementara itu, Plt Bupati Indramayu (Taufik Hidayat) menyatakan pemerintah serius menggarap masalah kesejahteraan sosial (PMKS) karena Pemda merasa bingung dengan jumlah keluarga yang menerima bantuan sosial (BPJS/pib, PKH, KiP dll) itu mencapai 15% dari jumlah penduduk Indramayu jadi dalam 1 bulan Pemda itu mengeluarkan dana 4 milyar untuk kesehatan belum yg kainnya.

“Jadi timbul pertanyaan apakah penduduk/keluarga miskin sebesar itu? Karena bisa jadi data yg dipakai itu data yang sudah 10 tahun yang lalu makanya saya harapkan ada kombinasi antara data dari Dinsos dengan BPS itu harus sama karena sebagai mana kita tahu bahwa data dari BPS lah yang diakui keakuratannya di negara ini dan kepada petugas tolong patuhi aturan yang telah ditetapkan tidak asal mengimput aja,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Plt Bupati Taufik Hidayat sekaligus membuka pelatihan tersebut dan penyematkan topi dan rompi secara simbolis sebagai tanda acara pelatihan pendataan gelombang 1 di buka.

Kepala BPS yang di minta pendapat mengatakan pihaknya sangat senang dapat membantu dam berbagi ilmu pada kegiatan pendataan sosial ini, karena di tahun ini berbarengan dengan akan diadakannya Sensus Penduduk 2020 baik onnline maupun manual.

 

Penulis : Wahyu

Editor : Lle

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close