Berita

Waspada! Inilah Deretan Negara yang Telah Terjangkit Infeksi Virus Corona

JARRAKPOS – Virus Corona dilaporkan telah menyebar ke berbagai belahan dunia, sejak muncul di Wuhan, Tiongkok. Virus yang mirip SARS tersebut dilaporkan telah membuat 41 orang meninggal dunia.

Virus Corona pun menjadi perhatian masyarakat internasional.

Berikut beberapa negara yang mengonfirmasi telah menemukan penyakit ini di wilayah mereka.

1. Tiongkok

Negara ini dianggap sebagai sumber pertama virus Corona. Virus ini diidentifikasi pertama kali pada 31 Desember 2019 di Wuhan, Hubei. Sampai dengan Sabtu (25/1/2020), sudah ada sekitar 1.300 orang yang terinfeksi virus Corona di Tiongkok.

Penyebaran terbesar adalah di wilayah Wuhan, dimana hampir semua korban yang terjangkit meninggal dunia. Karena kota ini terhubung ke berbagai wilayah lain, membuat virus Corona gampang menyebar.

Di Makau sudah ada 2 kasus terinfeksi Corona, dan di Hong Kong ada lima kasus.

2. Australia

Australia juga sudah mengonfirmasi infeksi virus Corona. Korban adalah seorang pria yang baru pulang dari Tiongkok seminggu lalu.

3. Jepang

Jepang mengonfirmasi 2 kasus infeksi virus Corona di wilayahnya. Korban pertama adalah seorang pria yang baru saja mengunjungi Wuhan. Korban kedua adalah seorang pria Wuhan yang berkunjung ke Jepang. Kini, mereka tengah menjalani perawatan.

4. Malaysia

Malaysia telah mengonfirmasi adanya tiga kasus virus Corona. Mereka bertiga merupakan warga Tiongkok yang berlibur ke Tiongkok. Kini, para korban sedang dirawat di ruang isolasi.

5. Singapura

Virus Corona juga telah menyebar di Singapura. Tiga kasus virus Corona di Singapura dialami oleh seorang pria berusia 66 tahun dan anaknya yang berusia 37 tahun. Kemudian, seorang perempuan berusia 52 tahun. Ketiga korban diketahui berasal dari Wuhan.

Kasus infeksi ini sempat membuat aparat Singapura mensterilkan kamar di Hotel Shangri-La Rasa Sentosa yang sempat dihuni korban.

6. Prancis

Prancis melaporkan tiga orang terjangkit virus Corona di negaranya. Menteri Kesehatan Perancis Agnes Buzyn memperkirakan akan ada kasus lanjutan terkait infeksi virus ini.

7. Thailand

Di Thailand sudah ada 4 kasus gara-gara virus Corona. Tiga orang korban diketahui berasal dari Wuhan. Dua korban diketahui sudah membaik dan telah pulang ke Tiongkok.

8. Korea Selatan

Kementerian kesehatan Korea Selatan mengonfirmasi temuan dua kasus infeksi virus Corona di wilayahnya. Korban pertama terinfeksi virus saat bekerja di Wuhan. Korban kedua diketahui terinfeksi usai mengikuti penerbangan dari Wuhan.

9. Amerika Serikat

Virus Corona juga dilaporkan telah ditemukan di Amerika Serikat. Korban pertama adalah seorang pria di Seattle, dan korban kedua berasal di Chicago. Kini, mereka telah dirawat dan dikabarkan mulai membaik.

10.Vietnam

Daerah Asia Tenggara lain yang mengonfirmasi infeksi virus Corona di negaranya adalah Vietnam. Ada dua kasus infeksi virus Corona di negara itu. Korban adalah pria a di Ho Chi Minh City yang terinfeksi dari ayahnya yang datang dari Wuhan. Kedua korban telah dirawat dan kini berada dalam kondisi stabil.

Wakil Menteri Kesehatan Vietnam, Nguyen Truong Son pun mendesak agar petugas kesehatan melakukan segala upaya untuk menghindari penyebaran virus ini.

11. Taiwan

Korban pertama infeksi virus Corona di Taiwan adalah seorang wanita berusia 50-an yang bekerja di Wuhan. Dia terdeteksi mengidap virus Corona saat tiba di bandara. Wanita ini memperlihatkan gejala infeksi Corona dan segera dibawa ke rumah sakit.

12. Nepal

Negara di Asia Selatan ini juga melaporkan adanya temuan virus corona. Korban adalah seorang pelajar di Wuhan yang pulang kampung untuk merayakan Imlek. Korban telah dirawat di Rumah Sakit Penyakit Menular Tropis dan Infeksi Sukaraj di Khatmandu.

 

Jbr/lle

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: