Sel. Sep 29th, 2020

Jarrak POS

Bersama Membangun Bangsa

Taman Rekreasi di Bogor Dibongkar

2 min read

(Doc. Jarrakposjabar)

JARRAKPOS – BOGOR – Pada hari Senin 6 Januari 2020, tempat wisata bersejarah Taman Ade Irma Suryani atau lebih dikenal dengan Taman Topi Bogor mulai berhenti beroperasi. taman yang terletak di Jalan Kapten Muslihat Kota Bogor tersebut sedang dalam proses pembongkaran oleh pemkot Bogor, dan akan beralih fungsi menjadi alun-alun Kota Bogor.

Proses pembongkaran sudah dilakukan mulai tgl 20 desember 2019 kemarin termasuk sarana permainan yang ada dilokasi tersebut.

Basiran Humas dari PT Eksotika sebagai pengelola taman topi bogor mengatakan bahwa target 3 minggu sudah selesai untuk pembongkaran semua sarana permainan.

Bangunan yang sudah dibongkar akan diserahkan semuanya ke pemerintah setempat dan pihak pengelola hanya akan mengambil alat alat permainannya saja karena gedungnya hak pemerintah setempat.

Namun dalam pelaksanaan pembongkaran, PT Eksotika meminta waktu perpanjangan kepada pemkot bogor dari masa kontrak yang ditetapkan dikarenakan adanya beberapa sarana permainan seperti kereta dengan rel diatasnya yang belum bisa dibongkar.

Rapat pembahasan terkait permohonan perpanjangan waktu untuk pembongkaran dari pihak PT Eksotika yang dipimpin oleh BKAD sebagai pihak pengelola aset, melibatkan Disperumkin dan Gakperda kota bogor masih belum mengambil satu keputusan dan masih dalam pertimbangan.

Namun Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperumkin) kota bogor akan mempertimbangkan selama proses pembongkaran tidak menganggu proses pemagaran, tetap akan melakukan pemagaran sesuai jadwal kontrak yang sudah habis.

Pemerintah kota bogor berencana akan merelokasi semua wahana permainan yang ada ditaman topi beserta para pegawainya ke tanjung sari dengan alasan daerah tanjung sari lebih rekreasi dan alami.

Berubah fungsinya tempat rekreasi Taman Topi menjadi kawasan alun-alun kota bogor tentu banyak menyimpan kenangan tersendiri bagi masyarakat khususnya warga Bogor.

Sebab, taman itu merupakan bagian sejarah peninggalan Ade Irma Suryani, selain juga salah satu tempat rekreasi tertua  yang berada di tengah pusat kota Bogor.

Patung Pahlawan Kapten Muslihat yang berdiri gagah di area taman topi merupakan ikon dan bukti sejarah perjuangan dikota bogor, sebagian besar masyarakat berharap agar patung pahlawan Kapten Muslihat itu tidak dibongkar atau dipindah ke tempat lain.

Taman topi yang letaknya strategis menjadi tempat yang banyak diminati masyarakat baik untuk sekedar makan, pertemuan dan wisata permainan.

Ada beberapa tempat penting disekitar taman topi yaitu, bagian sebelah kanan persis stasiun kereta bogor, sebelah kiri balai kota bogor, bagian depan berhadapan dengan kantor Polresta bogor, bagian belakang terdapat masjid agung dan pasar terbesar dikota bogor    (ps. Anyar).

 

Penulis : Erwin

Editor : Lle

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *