Berita

Eks Bupati Cirebon Membantah Terima Uang Dari Swasta Terkait PLTU-2

JARRAKPOS – BANDUNG – Mantan Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadisastra membantah telah menerima gratifikasi dari perusahaan Hyundai dan King Property terkait proyek PLTU-2 di Cirebon.

“Jadi Hyundai itu tidak ada kaitannya dengan perizinan. Saya tidak ada minta kepada siapapun. Silakan tanya pengusaha manapun terkait PLTU-2. Baik Hyundai maupun King Property, pernah nggak saya minta untuk perizinan. Saya tidak pernah minta uang untuk perizinan, tetapi kenapa di-blow up itu saya minta uang perizinan,” ucap Sunjaya di Pengadilan Tipikor Bandung, Senin (16/12/2019).

Sunjaya kembali disebut menerima gratifikasi dari GM Hyundai Herry Jung sebesar Rp 6,04 milar dan dari Direktur King Property Sutikno sebesar Rp 4 miliar.

Kedua nama yang memberikan gratifikasi itu sudah ditetapkan KPK sebagai tersangka.

Ia mengakui memang ada bantuan dari perusahaan swasta. Tetapi ia  menegaskan bantuan itu bukan masuk ke rekening pribadi melainkan untuk biaya pengamanan.

“Uang itu adalah koordinasi muspida untuk pengamanan proyek. Karena mungkin tahu, pada saat pembebasan lahan 200 hektare, didemo. Itu untuk pengamanan perlu biaya, masa Bupati? Bupati tidak ada anggaran. Maka swasta itulah ‘anda harus bereskan itu’. Adapun lewat Bupati untuk teman-teman pengamanan ya wajar saya selaku koordinator. Tapi bukan berarti duitnya untuk Bupati. Saya numpang lewat, hanya arahkan, silakan untuk A untuk B untuk pengamanan proyek,” tutur Sunjaya.

Terkait uang Rp 4 miliar dari King Property, Sunjaya menegaskan, uang itu hanya bentuk pinjaman.

Ia meminjam uang kepada King Property guna mengikuti Pilkada. Ia pun merasa aneh kok bisa orang yang meminjamkan uang di jadikan tersangka.

“Sekarang King Property dijadikan tersangka, aneh. Dia nggak ngasih uang, saya pinjem pribadi untuk Pilkada Rp 4 miliar, ada kuitansinya, masa pinjam dijadikan tersangka. Zalim kan. Orang pinjam pribadi dijadikan tersangka. Dibilangnya menyuap ke saya, mana dasar suapnya?” kata Sunjaya.

 

 

Jarrakposjabar.com/lle

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: