Ilustrasi (Doc.net)

JARRAKPOS – JAKARTA – Ratusan unit rumah penduduk di Desa Sungai Bali, Kecamatan Pulau Sebaku, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan hangus terbakar.

Kebakaran tersebut menghanguskan 400 rumah. Akibatnya sekitar 1.800 orang kehilangan rumah tinggal.

Hal ini disampaikan Komandan Kodim 1004/Kotabaru Letnan Kolonel Rony Fitriyanto. Menurutnya kebakaran terjadi Sabtu (23/11) malam. Kodim sudah mengirimkan personelnya untuk membantu korban kebakaran.

“Cukup banyak korban kebakaran. Laporan sementara mencapai 400 rumah dan sekitar 1.800 orang kehilangan tempat tinggal,” kata Rony seperti dilansir dari Antara, Minggu (24/11).

Jumlah kerugian dan korban ini diakui Rony masih bisa berubah karena pendataan terus dilakukan.

Menurutnya, api tak hanya menghanguskan bangunan rumah tinggal, namun juga fasilitas umum lain seperti pasar, tempat ibadah, kantor dan asrama polisi.

Sejauh ini belum ada laporan soal korban jiwa. Warga yang kehilangan tempat tinggal saat ini tinggal di tenda-tenda darurat. Dapur umum untuk keperluan pengungsi juga sudah didirikan.

Polres Kotabaru telah menerjunkan tim untuk menyelidiki penyebab kebakaran yang menghanguskan ratusan rumah hampir satu desa di Kecamatan Pulau Sebuku, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan.

“Kami tengah mengumpulkan saksi-saksi untuk dimintai keterangan. Dari hasil penyelidikan nanti, dapat disimpulkan apakah ada unsur kesengajaan atau kelalaian dari musibah ini, sehingga harus ada pihak yang bertanggung jawab secara hukum,” terang Kapolres Kotabaru AKBP Andi Adnan Syafruddin, Minggu (24/11).

 

Jarrakposjabar.com/lle

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here