BeritaNasional

Menjelang HUT OPM, Polri Petakan Daerah Rawan di Papua

JARRAKPOS – JAKARTA – Mabes Polri hingga kini masih melakukan identifikasi dan pemetaan terhadap daerah rawan menjelang HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang jatuh pada 1 Desember 2019 mendatang.

“Seperti apa kerawanannya, daerah mana, apa kerawanannya, kerawanannya sepeti apa masih diindentifikasi oleh intelijen,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Mabes Polri Brigjen Pol Argo Yuwono di Jakarta, Jumat (22/11)

Menurut Argo, hal itu dilakukan untuk menentukan perlu tidaknya penambahan pasukan dari luar Polda Papua untuk melakukan pengamanan di wilayah bumi Bumi Cenderawasih itu.

ia menuturkan pihak kepolisian sudah melakukan upaya preemtif dan berkomunikasi dengan sejumlah masyarakat adat di Papua. Pihaknya meyakinkan masyarakat setempat bahwa Papua adalah bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Argo menegaskan, hingga kini pengamanan di wilayah Papua masih dilakukan oleh Polda Papua dan juga wilayah-wilayah di sekitarnya.

“Kalau memang dirasa nanti pengamanannya kurang, Polda kirim surat dan nanti Mabes Polri akan memberikan bantuan,” jelas Argo.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyatakan pemerintah telah melakukan antisipasi merebaknya opini-opini liar bersifat politis menjelang HUT OPM. Menurutnya, menjelang HUT OPM banyak pihak kerap membangun opini yang tidak sesuai dengan fakta di lapangan.

“Kalau segi politis itu kadang kala membangun opini yang tidak-tidak, yang tidak diduga tiba-tiba muncul opini yang sebenarnya di lapangan tidak ada. Semuanya kami antisipasi,” ujar Mahfud di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (5/11).

Mahfud mengatakan, Kepolisian juga sudah memiliki prosedur untuk mengatasi persoalan tersebut. Bahkan Kepolisian juga sudah memiliki prosedur untuk menangani pelanggaran yang dilakukan oleh internal aparat Kepolisian.

Ia pun enggan membeberkan strategi yang disiapkan pemerintah untuk mengantisipasi hal itu. Mahfud menyebut strategi pemerintah bersifat rahasia.

 

Jarrakposjabar.com/lle

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: