Sel. Sep 29th, 2020

Jarrak POS

Bersama Membangun Bangsa

Hari Dharma Karya Dhika, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat Menyelenggarakan Bhakti Sosial Kegiatan Donor Darah

2 min read

JARRAKPOS – BANDUNG – Menyambut Hari Dharma Karya Dhika Tahun 2019, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat hari ini (Rabu, 23/10/2019) bekerjasama dengan PMI Kota Bandung menyelengarakan Bhakti Sosial Kegiatan Donor Darah.

Kegiatan ini diikuti oleh Pejabat/Pegawai di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Jawa Barat (Kantor Wilayah dan Unit Pelaksana Teknis). Aksi donor darah ini merupakan bentuk solidaritas sosial pejabat/pegawai di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Jawa Barat terhadap sesama dan salah satu kegiatan dari berbagai macam rangkaian kegiatan pada Bulan Bhakti menyambut Hari Dhrama Karya Dhika Tahun 2019 di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat.

Melalui kegiatan ini, diharapkan bisa memberikan manfaat serta membantu pihak-pihak yang benar-benar membutuhkan.

Donor Darah merupakan salah satu kegiatan sosial guna membantu yang membutuhkan. Namun, ada beberapa syarat yang perlu diketahui sebelum melakukan donor darah.

Di Indonesia, kegiatan donor darah diinisiasi oleh PMI (Palang Merah Indonesia). Selanjutnya, kantung darah yang terkumpul akan disalurkan kepada yang membutuhkan. Sebelum mendonorkan darah, ada beberapa syarat donor darah yang harus diperhatikan.

Pertama, peserta harus berusia 17-65 tahun dengan pemeriksaan kesehatan yang bagus.

Kemudian, berat badan peserta donor darah tidak boleh kurang dari 45 kg, tekanan darah di angka 100-170 (sistolik) dan 70-100 (diastolik), serta kadar hemoglobin darah saat pemeriksaan harus berkisar antara 12,5g% – 17g%, Terakhir, jangka waktu donor darah minimal 8 minggu atau 2 bulan sejak donor darah sebelumnya.

Ada segudang manfaat donor darah yang bisa diperoleh dari tubuh. Pertama, menurunkan risiko kanker karena darah yang mengandung zat besi berlebihan bisa terbuang.

Diketahui, zat besi yang berlebihan dianggap sebagai salah satu meningkatkan radikal bebas dalam tubuh dan menjadi faktor risiko kanker. Kemudian, manfaat donor darah lainnya adalah menurunkan berat badan.

Proses donor darah pada orang dewasa dapat membakar hingga 650 kalori per 450 ml darah. Terakhir, donor darah bisa menjadi salah satu cara mendeteksi penyakit serius. PMI akan melakukan pengecekan pada kantong darah terkait adanya penyakit seperti hepatitis, sipilis, hingga HIV.

Donor darah tidak hanya memberikan manfaat secara fisik, tetapi juga mental. Berikut adalah beberapa manfaat donor darah terhadap kesehatan fisik dan mental yaitu :

-Menurunkan risiko penyakit jantung

-Mengurangi kekentalan darah dengan menurunkan tingkat zat besi dalam tubuh. Tingkat zat besi dalam tubuh berlebih meningkatkan risiko serangan jantung.

-Menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh.

-Menurunkan kadar oksidan dalam tubuh dengan meningkatkan kandungan antioksidan dalam tubuh.

 

Jarrakposjabar.com/lle

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *