Berita

LSM Baladhika Adhyaksa Harap Johanis Tanak Lolos Jadi Capim KPK

Ketua Umum LSM Baladhika Adhyaksa, Yunan Buwana.

Jarrakpos – Bandung – Ketua Umum LSM Baladhika Adhyaksa, Yunan Buwana berharap Jaksa Johanis Tanak lolos di DPR dan jadi salah satu Komisioner di KPK.

“Harapan tersebut kami sampaikan berdasarkan track record yang ada bahwa Johanis Tanak merupakan Jaksa yang tegas punya integritas yang baik serta teruji,” ujar Yunan melalui rilis yang diterima Jarrak post hari ini (3/9/2019).

Masih menurutnya, selain itu kami juga mengharapkan adanya keterwakilan dari sosok yang punya latar belakang Jaksa menjadi pimpinan di KPK, hal itu diperlukan sebagai pembuktian bahwa Jaksa mampu menunjukkan prestasinya di lembaga anti rusuah tersebut. Dengan demikian mainset terhadap Jaksa sangat positif dan dapat meraih kepercayaan yang sangat baik dari masyarakat.

Sebagaimana diketahui bahwa Panitia Seleksi KPK telah menyerahkan 10 nama capim KPK ke Presiden Joko Widodo. Kesepuluh nama itu nanti akan diserahkan ke DPR RI untuk dipilih menjadi lima nama komisioner KPK. Penyerahan nama-nama itu dilakukan di Istana Negara, Jakarta, Senin (2/9/2019).

Kesepuluh nama itu merupakan orang-orang yang berhasil lolos dari wawancara dan uji publik.
Mereka adalah Alexander Marwata, (Komisioner KPK), Firli Bahuri (Anggota Polri), I Nyoman Wara(Auditor BPK), Johanis Tanak (Jaksa), Lili Pintauli Siregar (Advokat), Luthfi Jayadi Kurniawan (Dosen), Nawawi Pomolango (Hakim), Nurul Ghufron (Dosen), Roby Arya B (PNS Sekretariat Kabinet) dan Sigit Danang Joyo (PNS Kementerian Keuangan).

Setelah ini, Presiden Jokowi akan mengirim sepuluh nama calon pimpinan KPK kepada DPR. Komisi Hukum DPR lalu akan melakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) untuk memilih lima nama sebagai pimpinan KPK Periode 2019 – 2023.

 

Oleh jrrak/lle

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: