Depok Kian elok – Jarrak POS
Connect with us

Berita

Depok Kian elok

Published

on

Depok Kian Elok:
Harapan dan Tantangan

Oleh: H. Igun Sumarno, Spd.MM*)

KOTA Depok kian tampak elok. Kota Depok yang denok montok. Kota Depok di Jawa Barat pojok. Tetangga ibukota Jakarta.

Kota Depok berkemajuan adalah harapan berkelanjutan. Sejak lama terkenal dengan “Belanda Depok”. Pribumi bermarga Belanda. Kota Depok pun berlenggok dengan dua “icon” besar. Mako Brimob Kelapa Dua, Depok dan Universitas Indonesia (UI). Perguruan tinggi unggulan seantero negeri.

Kini, Kota Depok dipimpin duet KH Dr. Muhammad Idris Abdul Somad dan Pradi Supriatna sebagai walikota dan wakil walikota. Dengan dukungan kemitraan DPRD hasil Pemilu 2019, Kota Depok dimungkinkan lanjut menggeliat. Berlanjut membangun (sustainable devolepment) jadi “kata kunci” bagi pemenuhan kesejahteraan warganya. Cukup alasan, bila menilik peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) 2018 yang melewati target menjadi Rp 1,02 Trilyun atau naik 9,29%.

Hemat saya, peningkatan PAD itu ditandai minat investasi bidang pengembangan property. Bersamaan pula dengan tingginya kesadaran warga dalam membayar pajak yang pada gilirannya diandalkan sebagai modal pembangunan. Sejalan itu volume APBD tahun anggaran 2019 pun meningkat menjadi Rp 3,39 Triyun atau setara peningkatan 14,68% dibanding setahun sebelumnya.


Capaian Kota Depok dalam membangun se
adalah jawaban nyata terhadap pengembangan status administrasi pemerintahan. Betapa tidak, diawali dengan kota administratif yang masih bergantung kepada induknya, Kab. Bogor — kini menjelma menjadi sebuah kota dan mandiri.

Sebuah kecamatan yang menjadi bagian dari Kab. Bogor ditingkatkan statusnya menjadi kota administrasi pada 18 Maret 1982. Selanjutnya meningkat menjadi kotamadya dengan sebutan Kota Depok, sejak 27 April 1999.

Kecamatan Depok menjadi Kota Depok yang kini membagi kembali menjadi 11 kecamatan dengan 63 kelurahan. Dengan luas areal “hanya” 200,29 km2, populasi penduduk pun cukup tinggi — sekitar 2 juta orang — jumlah lelaki dan perempuan sebanding. Sebaran penduduk mencapai sekitar 11.000 jiwa per km2. Kecamatan Cimanggis menjadi kawasan terpadat, sementara yang terkecil di Kecamatan Limo. Pertumbuhan penduduk terbilang tinggi, yakni berupa kelahiran dan pendatang (migrasi) yang mencapai 3,5,% — bahkan lebih besar dibanding pertumbuhan nasional yang hanya 1,1%.

Kota Depok adalah nyata penyangga ibukota Jakarta. Terpisahkan lintasan lingkar luar (JORR/Jakarta Outer Ring Road) di kawasan Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Selintas menyatu, nyaris tanpa perbatasan. Tekanan migrasi warga pun, praktis tak bisa dihindari. Sejalan itu, meski tingkat pertumbuhan ekonomi cukup baik yang mencapai 6,7% — angka pengangguran pun cukup tinggi 6,6% setara dengan 72.000 angkatan kerja pada tahun 2018. Sinyal pertumbuhan ekonomi yang bersamaan dengan arus migrasi, adalah tantangan di antara dua sisi.

anggota DPRD Depok

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita

Polresta Bogor Kota Bekuk 24 Pengedar Narkoba

Published

on

By

Bogor, JarrakposJabar.Com — Kamis, (09/07/2020). Satuan Narkoba Polresta Bogor Kota berhasil mengungkap dan membekuk 24 tersangka dari 19 kasus tindak pidana narkotika dalam waktu beberapa bulan di wilayah hukum Polresta Bogor Kota.

Penangkapan para tersangka tersebut dilakukan di beberapa daerah di Jawa Barat termasuk di Kota Bogor. Hal ini disampaikan Kapolresta Bogor Kota Kombes Hendri Fiuser dalam konferensi pers, kamis 09/07/2020.

Dari hasil penangkapan tersebut telah diamankan beberapa jenis barang bukti dari tangan tersangka. Diantaranya tersangka AM telah diamankan barang bukti berupa Sabu seberat 1,5 gram dan dari tangan NK diamankan satu bungkus plastik klip kecil berisi narkotika seberat 1 gram.

Foto : Beberapa jenis barang bukti narkotika yang berhasil diamankan (Doc. Jarrakposjabar)

Kombes Hendri mengatakan, para tersangka dalam melancarkan aksinya dengan berbagai cara, selain menajdi kurir tersangka juga menjual dengan cara tempel barang.

“Modus operandi yang dilakukan tersangka bermacam – macam, ada yang sebagai kurir, ada juga yang menjualnya dengan cara menempel barang,” kata Kombes Hendri.

Barang bukti berupa shabu total 66 gram, ganja 2052 gram dan gorila seberat 90 gram tersebut telah diamankan dari 24 tersangka dengan jumlah kasus 19 perkara.

Foto : 24 Tersangka yang berhasil dibekuk Polresta Bogor (Doc. Jarrakposjabar)

Para tersangka dijerat pasal 114 ayat 2, subsider pasal 112 ayat 2, pasal 114 ayat 1 subsider pasal 111 ayat 1 Undang – Undang Republik Indonesia nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan hukuman mininal 6 tahun dan maximal 20 tahun penjara atau denda mininal 1 milyar.(jrrk/wins).

 

Editor : Lle

Continue Reading

Berita

KPU Kab.Bandung melaksanakan Bimtek Penggunaan Dana Hibah

Published

on

By

Soreang, JarrakposJabar.com
Kamis (9/7/20) . KPU Kabupaten Bandung dalam tertib administrasi penggunaan  Keuangan yang bersumber dari Negara dalam penyelenggaraan Pemilukada  Kab.Bandung 2020, telah melaksanakan Bimtek Pengelolaan, penyaluran, dan Pertanggungjawaban Penggunaanya, Kamis(9/7/2020)

Hadir sebagai narasumber adalah Inspektur Sekretariat Jendral KPU RI, Kepala Bagian Pengelolaan Keuangan KPU RI, serta Inspektorat KPU RI.

Foto: Keg.Bimtek (dok.KPU)

Bimtek sendiri diikuti oleh Ketua dan 1 orang Sekretariat PPK Kecamatan se- Kabupaten Bandung dengan Bertempat di Hotel Grand Sunshine, Soreang.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung sendiri dalam pemberitaan terdahulu mengaku telah mengajukan penambahan anggaran Pilkada 2020 senilai Rp20,9 miliar ke KPU Pusat. “Pengajuan penambahan anggaran ini sudah sesuai dengan perintah KPU RI karena ada ajuan ke APBN. Ajuannya Rp20,9 miliar,” kata Ketua KPU Kabupaten Bandung, Agus Baroya di Soreang, Selasa (16/6/2020 ).

Sumber  : KPU Kabupaten.Bandung

Editor      : EH
Pewarta.  : Ujang/ Irfan

Continue Reading

Berita

Solidkan Kesatuan, Danrem 063 Sunan Gunung Djati Kunker Ke Kuningan

Published

on

By

Kuningan, jarrakposjabar.com – (Kamis, 09/07/2020) Dalam rangka tugas monitoring Kesatuan dan Jajaran di wilayah teritorialnya, Komandan Resort Militer (Danrem) 063 Sunan Gunung Djati, Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga Kusumawide. S.A.P lakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke wilayah Komando Distrik Militer (KODIM) 0615 Kuningan pada hari Jumat-Sabtu (10-12 Juli 2020).

Selama 2 hari penuh, Danrem 063 Sunan Gunungdjati akan beraktifitas di wilayah Kodim 0615 Kuningan, rangkaian kegiatan sudah terjadwal padat dari pagi hingga malam. Kunjungan kerja ini merupakan kali pertama Danrem 063 Sunan Gunung Djati, Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga Kusumawide. S.A.P setelah memegang tongkat komando Korem 063 Sunan Gunung Djati.

(Foto Dok. Penerangan Kostrad)

 

Berdasarkan jadwal yang didapat redaksi Jarrakposjabar.com, kegiatan Danrem 063 Sunan Gunung Djati mulai menemui Jajaran Kesatuan Kodim 0615 Kuningan, Bupati Kuningan dan Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kab. Kuningan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan Para Petani.

Diawali hari Jum’at, 10/07/2020, berangkat dari Makorem 063 Sunan Gunung Djati, Danrem 063 Sunan Gunung Djati Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga Kusumawide. S.A.P beserta rombongan menuju Kodim 0615 Kuningan, kedatangannya langsung disambut terima penghormatan Jajar. Dilanjut memberikan arahan kepada anggota dan para perwira Kodim 0615 Kuningan di Aula Mashud Wisnusaputra. Kemudian mengadakan pertemuan dengan Bupati Kuningan dan jajarannya, lalu Danrem 063 Sunan Gunung Djati menuju lokasi di Desa Windujanten Kec. Kadugede untuk kegiatan Penanaman Sayur bersama Petani.

Setelah Jumatan, lanjut acara Penebaran bibit ikan di Desa Sindang Kec. Lebakwangi bersama para Petani Budi Daya Ikan. Lalu meninjau lokasi Gudang Amunisi dan Aset milik TNI di Objek Wisata Linggarjati, Cilimus. Malamnya, anjangsana dan temu santai sambil makan malam dengan unsur Forkopimda, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama.

Esok harinya, Sabtu, 11/07/2020, setelah sarapan pagi, Danrem 063 Sunan Gunung Djati dan rombongan mulai kegiatan menembak di Lapangan Tembak Mayjen TNI Madsuni, Cidahu dan pengecekan aset TNI.   Dilanjutkan melayat Takziyah ke Rumah Duka Alm. Serka Asep Dedi di Desa Garajati Kec. Ciwaru. Setelah itu menuju Palutungan, Desa Cisantana Kec. Cigugur untuk beristirahat di Villa Rahmat Ardian. Kemudian melanjutkan ke Koramil 1510 Cilimus guna pengecekan Aset TNI dan kembali ke Hotel Grage Sangkan untuk istirahat. Malamnya Danrem o63 Sunan Gunung Djati bersama para perwira Kodim 0615 Kuningan gelar santap makan malam. Hingga hari Minggu, 12/07/2020 usai sarapan pagi, Danrem 063 Sunan Gunung Djati  bersama rombongan melanjutkan perjalanan pulang ke Makorem 063.

( Foto : Arsip Wikipedia )

Profil Singkat Danrem 063 Sunan Gunung Djati,

Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga Kusumawide. S.A.P

Kolonel Infanteri Elkines Villando Dewangga Kesumawide, S.A.P. (lahir  di Batujajar, Bandung 19 Juli 1973. Merupakan seorang Perwira Menengah (Pamen) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat, Lulusan Akademi Militer tahun 1994. Banyak jabatan diembannya setelah lulus Akmil Angkatan 94. Mulai pangkat Letda hingga Kolonel sekarang berbagai posisi strategis diraih hingga saat ini. Berikut riwayat karier dan jabatan nya dikutip dari berbagai sumber.

 Letnan Dua hingga Letnan Satu 

  • Perwira Pertama Kostrad (1995)
  • Danton Yonif Linud 330/Tri Dharma (1995-1996)
  • Danton SMS/Bantuan Yonif Linud 330/Tri Dharma (1996-1997)
  • Danton II/B Yonif Linud 330/Tri Dharma (1997)
  • Danton Pandu Udara Brigif Linud 17/Kujang I (1997-1998)
  • Danton I/C Yonif Linud 305/Tengkorak (1998-1999)

Kapten

  • Kasi 1/Intel Yonif Linud 305/Tengkorak (1999-2000)
  • Dankipan A Yonif Linud 305/Tengkorak (2000-2001)
  • Pasi 2 Ops Yonif Linud 305/Tengkorak (2001-2003)
  • Gumil Gol VI/Depstaf Pusdikif (2003-2005)

Mayor

  • Kasilat Sops Divif 1/Kostrad (2005-2006)
  • Wadanyonif Linud 305/Tengkorak (2006-2008)
  • Pamen Kostrad/Dik Seskoad (2008)
  • Pabandya Ops Sopsdam IX/Udayana (2008-2009)

 Letnan Kolonel 

  • Pabandya Lat Sops Paspampres (2009-2010)
  • Danden Latih Grup C Paspampres (2010-2011)
  • Danyonif Linud 305/Tengkorak (2011-2013)
  • Kasbrigif Linud 17/Kujang I (2013-2015)

Kolonel

  • Danbrigif Linud 17/Kujang I (2015-2016)
  • Patun Seskoad (2016-2018)
  • Asops Kasdam XII/Tanjungpura (2018)
  • Danmensis Secapaad (2018-2019)
  • Asops Kaskostrad (2019)
  • Danrem 063 Sunan Gunung Djati

(AS)

Editor : LIe

Continue Reading

Komentar Terbaru

    Trending